4 Hal Yang Harus Kamu Pastikan Sebelum Menerima Tawaran Kerja

Terkadang untuk apply kredit online kita membutuhkan slip gaji dari perusahaan dan itu hanya bisa kita dapatkan melalui HRD perusahaan terkait. Maka dari Jangan sampai tergesa-gesa dalam mengambil keputusan untuk menerima suatu kerjaan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan juga dipastikan oleh calon karyawan kepada pihak HRD agar sama sama terikat dengan kontrak yang jelas. Lalu kira-kira apa saja hal yang perlu diperhatikan tersebut?


1.     Kontrak Kerja

Pastikan sebelum anda menerima tawaran tersebut sudah ada rencana akan tanda tangan kontrak antara kedua belah pihak agar saling terikat satu dengan yang lainnya. Jangan lupa perhatikan pula dengan seksama kontrak kerja yang diberikan seperti jam kerja, gaji, tunjangan, pesangon dan lain sebagainya. Jangan ragu untuk menanyakan hal hal yang kurang jelas dan yang kurang paham kepada pihak HRD.

2.     Deskripsi Pekerjaan

Deskripsi pekerjaan atau yang familiar disebut sebagai jobdesc (job description) juga menjadi hal yang mendasar untuk anda perhatikan. Pastikan deskripsi pekerjaan anda sesuai dengan posisi yang anda lamar, dan apabila ada kemungkinan jobdesc tambahan diluar itu ada baiknya untuk dibicarakan di awal agar tidak terjadinya kesalah pahaman pada saat melakukan pekerjaan utama.

3.     Negosiasi Gaji

Ini adalah hal cukup sensitif untuk dibahas, banyak orang yang merasa tidak enak untuk membahas hal tersebut sehingga banyak kesalah pahaman diantara pegawai dan pihak perusahaan. Jangan ragu untuk menanyakan, menawar dan memastikan berapa gaji bersih yang akan anda terima. Anda juga berhak untuk menanyakan untuk apa potongan yang diambil dari gaji apabila gaji anda terkena potongan.

4.     Ikatan Kerja

Jangan lupa bahas tentang berapa lama minimum kontrak yang harus anda ambil apabila anda menerima pekerjaan tersebut. Biasanya apabila anda tidak memenuhi masa waktu tertentu akan ada hukuman berupa denda dan lain sebagainya. Pastikan anda dengan pihak perusahaan jelas akan hal itu agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan.

Attitude yang baik harus dimiliki oleh kedua belah pihak yaitu pihak perusahaan dan juga calon karyawan. Kontrak yang terterapun harus jelas hitam diatas putih agar tidak ada yang dirugikan. Siapkan ruangan khusus yang nyaman dan kondusif untuk membahas hal yang cukup krusial seperti TTD kontrak, Interview dan lain sebagainya. Siapkan meja, alat tulis, air minum yang menggunakan filter air, dan juga pewangi ruangan agar dapat memberikan kesan tenang dan rileks pada saat proses negosiasi.

Post a Comment

0 Comments